Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

4 target Kementrian Pertanian

Program Kementrian Pertanian

Rapat Kerja Badan Litbang Pertanian tahun 2011, dibuka secara resmi oleh Kepala Badan pada 26 April 2011 di Auditorium II Cimanggu Bogor dengan tema ‘Reformasi Manajemen dan Inovasi Litbang Pertanian Mendukung Kemandirian Pangan dan Daya Saing’. Raker tersebut dihadiri oleh sekitar 500 orang yang terdiri dari seluruh pejabat struktural dan Profesor Riset lingkup Badan Litbang Pertanian.

Tema yang diangkat relevan dengan tuntutan dan dinamika perubahan, serta persaingan yang semakin ketat baik regional maupun internasional. Tema tersebut juga sekaligus untuk menindaklanjuti secara interaktif terkait dengan 4 target sukses Kementerian Pertanian yaitu (1) swasembada berkelanjutan dan pencapaian swasembada, (2) diversifikasi pangan, (3) peningkatan daya saing nilai tambah ekspor, (4) kesejahteraan petani.

Kabadan menekankan bahwa empat target itu harus terus dipahami. Selaku salah satu Eselon 1 Kementerian Pertanian, Badan Litbang beserta jajarannya harus memiliki kontribusi dan komitmen dalam pencapaian target tersebut. Oleh karena itu, target tersebut harus menjadi prioritas dalam pelaksanaan kegiatan di setiap unit kerja Badan Litbang Pertanian. Badan Litbang dituntut untuk menggerakkan sumber daya yang ada terkait dengan upaya pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan. Selain itu peningkatan diversifikasi pangan seperti melalui program One Day No Rice dilakukan sebagai satu upaya serius yang terkait dengan diversifikasi pangan.

Untuk kesekian kalinya pula Kabadan ingin mengingatkan, sesuai arahan Menteri Pertanian, fokus yang utama harus dilakukan adalah melaksanakan kontrak kinerja Kementan dengan Presiden. Tahun 2011 merupakan tahun ke dua pelaksanaan pemerintahan Kabinet Indonesia bersatu jilid 2 dan merupakan tahun pertama dari pelaksanaan tahun anggaran dengan format reformasi perencanaan dan penganggaran yang menekankan pada dua aspek utama yaitu performance based budgeting atau penganggaran berbasis kinerja (PBK) dan medium frame expenditure atau kerangka pengeluaran jangka menengah (KPJM).

Perubahan ini, ujar Kabadan, memberikan dampak kepada dua hal yaitu yang pertama, dalam melaksanakan program kegiatan yang menekankan pada pencapaian target dan sasaran kinerja atau setiap rupiah anggaran yang dibelanjakan harus akuntabel. Kemudian dampak yang kedua adalah memberikan keleluasaan pada kementerian dan lembaga dalam mengelola anggarannya dalam jangka waktu menengah untuk mencapai target yang ditetapkan.

Badan Litbang merupakan lembaga yang memiliki dua tugas yakni penelitian dan pengembangan dengan mengarah pada scientific based activity dan impact based activity. Badan Litbang juga hendaknya siap dengan kebijakan-kebijakan dan pengambilan keputusan yang didasarkan pada hasil riset. Oleh karena itu penting untuk terus meningkatkan kualitas riset yang ada, dan memastikan hasil riset ada di lapangan melalui strategi diseminasi multi channel.

Kabadan berharap, semua elemen Badan Litbang dapat bekerja keras dengan ikhlas serta bahu-membahu dalam menjalankan tugas dan amanat yang diberikan.

Sumber: badan litbang pertanian

Iklan

11 Mei 2011 - Posted by | A-Pertanian-Peternakan, Berita Media

1 Komentar »

  1. Perlu inovasi untuk mengentaskan petani dari kepurukan. Hampir 2 tahun para peternak sapi baik perah maupun potong terus terpuruk. Gimana ……nih menyikapinya. Petani padi dengan musim hujan berkepanjangan banyak yang gagal panen baik banjir maupun serangan WBC. Ayo Balitbang keluarkan jurus jitumu sehingga 4 program kementan ini dapat segera terwujud.

    Komentar oleh slamet widodo | 12 Mei 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: