Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Pembangunan Peternakan Indonesia

Salah Satu Komoditas Unggulan Adalah Sapi Potong

Pembangunan peternakan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta. Pemerintah menyelenggarakan pengaturan,pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap ketersediaan produkpeternakan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, bergizi, beragamdan merata. Sedang swasta dan masyarakat memiliki kesempatan untuk berperan seluas-luasnya dalam mewujudkan kecukupan produk peternakan, dapat berupamelaksanakan produksi, perdagangan dan distribusi produk ternak.

Di sisi lain, Indonesia dengan jumlah penduduk saat ini yang mencapai 223 juta orang dengan tingkat pertumbuhan populasi 1,01 persen per tahun (Ditjenak, 2006), merupakan target pasar potensial yang ingin dibidik oleh banyak negara produsen pangan di dunia termasuk produk pangan peternakan. Dari ketiga macam produk pangan utama asal ternak, maka ada beberapa komoditas yang telah mampu berswasembada dan ada juga yang sangat bergantung pada ketersediaan melalui impor.

Selayaknya Indonesia mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan asal ternak sendiri dan malahan berpotensi menjadi negara pengekspor produk peternakan. Hal tersebut sangat mungkin diwujudkan karena ketersediaan sumber daya lahan dengan berbagai jenis tanaman pakan dan keberadaan SDM yang cukup mendukung. Namun demikian, kenyataan menunjukkan bahwapembangunan peternakan di Indonesia masih belum berhasil dalam memenuh i kebutuhan dalam negeri, termasuk rentan terhadap serangan penyakit hewan berbahaya. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai kelemahan struktural dalam sistem pengembangan peternakan. Oleh karena itu perlu diupayakan untukmencari model pengembangan dan kelembagaan yang tepat dan secara ekonomis menguntungkan dalam penerapannya (Ilham, 2006).

Dengan demikian semua sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menghasilkan produk peternakan dalam jumlah yang cukup, berkualitas, harga terjangkau danmampu bersaing dengan harga jual produk impor baik di Indonesia maupun di luar negeri, dan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Ke depan, peternakan diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun SDM yang berkualitas melalui  program  ketahanan pangan terutama dalam penyediaan bahan pangan protein hewani yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Untuk tercapainya harapantersebut, diperlukan kemampuan daya beli masyarakat di satu sisi serta kemampuan untuk menyediakan dan mendistribusikan produk peternakan keseluruh wilayah nusantara sepanjang tahun. Untuk itu maka perlu dipahami keadaan peternakan saat ini dan berusaha membangun suatu sistem yang mampu mengakomodir berbagai kepentingan secara bijak dan menguntungkan bagi para pelaku dalam operasionalisasinya.

Analisis Kebijakan Pertanian. Volume 5 No. 1, Maret 2007 : 1-14

9 Maret 2011 - Posted by | A-Pertanian-Peternakan, Berita Media, Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: