Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Rekomendasi Musyawarah Akbar Mahasiswa Muslim Pascasarjana UGM ; Kebangkitan Nasional Jilid Dua

POKOK-POKOK PIKIRAN HIMMPAS UNTUK
KEBANGKITAN NASIONAL KEDUA

Hasil Musyawarah Akbar ke-VIII
Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (Himmpas)
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta,
Tanggal 3-4 Mei 2008

Kebangkitan nasional kedua bisa diwujudkan apabila seluruh elemen bangsa bisa mengeliminir perbedaan, bergandengan tangan, bersatu padu, bergotong-royong, dan bekerja sama untuk mengatasi rintangan, menjawab persoalan, memberisi solusi, dan melakukan amal/ibadah sosial bersama.

Kebangkitan nasional kedua sebagai modal sosial percepatan pembangunan nasional merupakan sebuah keniscayaan yang mesti didukung, didorong, dan diikhtiarkan seluruh elemen bangsa.

Himmpas UGM Yogyakarta, sebagai bagian elemen bangsa yang memiliki misi mengaktualisasikan profesionalisme dan peran cendekiawan muslim di masyarakat, yang sudah melakukan musyawarah akbar ke VIII (3-4 Mei 2008), merasa terpanggil untuk ikut memberikan pokok-pokok pemikiran untuk mendorong terwujudnya kebangkitan nasional kedua dan percepatan pembangunan bangsa.

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam QS. Al-Imron 104 yang berbunyi: ”Hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Pokok-pokok pemikiran Himmpas UGM tersebut dirumuskan sebagai berikut:

1. Mendesak Presiden RI dan jajarannya untuk berada di garda depan menghadapi krisis global yang sedang mengancam dunia dan dapat memperberat krisis yang tengah dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Seluruh elemen bangsa diharapkan bersama-sama untuk membangun pondasi perekonomian, politik, dan hukum yang kokoh berbasiskan moral dak akhlaqul karimah demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

2. Mengharapkan Mendiknas RI agar tetap memperjuangkan pelaksanaan 20% anggaran pendidikan sesuai dengan amanat konstusi, menyusun program pendidikan nasional yang mengarah kepada upaya membentuk kader bangsa yang bertaqwa dan lebih bermoral, pendidikan murah, dan mengupayakan program beasiswa khusus bagi mahasiswa (non PNS) yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di Indonesia.

3. Menghimbau Menteri Agama RI ikut menjaga dan melindungi kehidupan masyarakat beragama di Indonesia dari berbagai upaya pendangkalan dan penyimpangan kemurnian ajaran-ajarannya.

4. Mengharapkan Gubernur Propinsi DIY dan jajarannya dapat menjaga eksistensi kota pelajar dari serbuan virus yang merusak moral. Kebijakan pemerintah di lingkungan provinsi Yogyakarta menggalakan pariwisata budaya dan hiburan untuk meningkatkan PAD haruslah meminimalisir dampak erosi moral yang ditimbulkannya. Kebijakan liberalisasi ruang publik (diskotek, advertising yang mengandung pronografi, dsb), mestilah dievaluasi, diawasi, dan dilakukan penaataan/perbaikan.***

5 Mei 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: