Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Partai Keadilan Rakyat Memenangi Pemilu Malaysia

partai_keadilan_rakyat_logo_1.jpgKUALA LUMPUR, SABTU-Istri dan putri mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim memimpin perolehan suara sementara di daerah pemilihan masing-masing mengalahkan calon dari Barisan Nasional (BN).

Seperti dilaporkan Antara, dari Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu malam melaporkan, putri Anwar Ibrahim, Nurul Izzah dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) memimpin perolehan suara di daerah pemilihan Lembah Pantai, Kuala Lumpur.

Nurul Izzah yang dijuluki Putri Reformasi mengalahkan calon dari BN yaitu Menteri Perempuan Sharizat Abd Jalil. Sukses Nurul Izzah diikuti Ibunya Wan Azizah yang mengalahkan Pirdaus Ismail dari Barisan Nasional di Pematang Pauh, Penang.

Sementara itu, menantu PM Abdullah Ahmad Badawi yaitu Khairy Jamalludin diperkirakan gagal masuk parlemen. Hasil sementara, Khairi dari BN kalah di daerah pemilihan Rembau, Negeri Sembilan. Pemilihan umum Malaysia ke-12 berlangsung Sabtu pagi dan hasilnya diumumkan Sabtu malam.(ANT/ROY)

Partai Keadilan Rakyat atau yang biasa dikenal dengan nama Partai Keadilan merupakan sebuah partai politik progresif yang lahir dari hasil gabungan dua buah partai politik di Malaysia, yakni Partai Keadilan Nasional (KEADILAN) dan Partai Rakyat Malaysia (PRM).

Partai Keadilan Nasional sendiri lahir dari hasil gelombang reformasi yang pernah melanda Malaysia setelah pemecatan Anwar Ibrahim dari UMNO pada September 1998. Partai ini kemudiannya membentuk sebuah Barisan Alternatif dengan PRM, Partai Islam Se-Malaysia (PAS), dan Partai Tindakan Demokratik (DAP).

Setelah pemilihan umum tahun 1999, mulai muncul kesadaran tentang perlunya Partai Keadilan Nasional dan PRM bergabung berdasarkan komitmen mereka yang sama terhadap reformasi, menentang ketidakadilan dan penyalahgunaan kekuasaan. Pada tanggal 3 Agustus 2003 lalu, Keadilan dan PRM mendirikan Partai Keadilan Rakyat di Kuala Lumpur. Namun pada saat itu, Komisi Pemilihan Umum Malaysia masih enggan meluluskan pendaftaran partai. Maka pada pemilu 2004, para kandidat PRM bertanding atas nama platform Keadilan. Calon tunggal yang berhasil menang saat itu adalah Datin Seri Dr. Wan Azizah di daerah Pematang Pauh, Pulau Pinang. Beliau kini menjabat sebagai presiden Partai Keadilan Rakyat. Setelah pemilu itulah, akhirnya Partai Keadilan Rakyat diakui keberadaannya. Walaupun Partai ini masih kelihatan baru, namun berasal dari warisan perjuangan politik yang berlandaskan kepentingan rakyat sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Kini, Partai Keadilan Rakyat memiliki anggota sebanyak hampir 200.000 orang yang tersebar di seluruh wilayah di Malaysia. Partai ini memiliki dua bagian, yakni bagian Wanita dan Angkatan Muda. Anggota Angkatan Muda terdiri dari laki-laki dan perempuan yang berusia di bawah 40 tahun. Dalam bidang media, Partai ini memiliki sebuah media yang diberi judul “Suara Keadilan” yang diterbitkan dalam Bahasa Malaysia dan Bahasa Inggris, dengan sisipan Bahasa Tionghoa.

Sekelumit tentang Presiden Partai Keadilan Rakyat yakni YB. Datin Seri Wan Azizah Wan Ismail yang selalu menganggap dirinya sebagai seorang politisi yang secara kebetulan, namun ternyata beliau telah menempa namanya dalam sejarah perpolitikan Malaysia sebagai perempuan pertama yang memimpin sebuah partai politik. Dengan gayanya yang lemah lembut, penyabar dan teguh berjuang telah berhasil memenangkan hati para pemilihnya. Setelah pemecatan dari UMNO terhadap suaminya, Anwar Ibrahim, beliau mendapat tempat di kalangan rakyat sebagai pemimpin gerakan reformasi.

Situs web Partai Keadilan Rakyat sendiri menyajikan pelbagai macam informasi mengenai tajuk terbaru yang dimuat dalam Suara Keadilan, termasuk agenda pertemuan-pertemuan yang akan diadakan, juga rekaman-rekaman audio dan video yang dapat didownload langsung. Selain itu, Manifesto Partai Keadilan Rakyat juga dapat dibaca atau didownload langsung dari situs web mereka.

sumber :

Kompas.com

forum-politisi.org

Iklan

8 Maret 2008 - Posted by | Berita Media

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: