Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Mengapa Banyak Lelaki/Ikhwan Menunda Pernikahan?

pernikahanBanyak lelaki menunda menikah dengan berbagai alasan dan berbagai latar belakang kejadian. Aku dulu sempat heran kenapa banyak lelaki yang sudah cukup mapan belum menikah. Termasuk beberapa rekan wanita bertanya kepadaku “kenapa belum menikah?” atau dalam pertanyaan lain “kenapa banyak lelaki/ikhwan yang menunda pernikahan, padahal ia sudah cukup dewasa?” dan pertanyaan senada, yang intinya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Kebetulan aku mempunyai seorang rekan di pascasarjana UGM. Kebetulan kami satu fakultas dan cukup akrab denganku, padahal usia kami terpisah 16 tahun…..Usianya kurang lebih 40 tahun, pekerjaannya dosen disebuah universitas negeri di wilayah Indonesia timur, wajah pun lumayan, lelaki normal, sehat jasmani dan rohani, pokoknya tidak ada alasan yang membuat ia belum menikah. Sehingga ketika bertemu selalu ia aku godain, aku carikan kenalan, dan lain sebagainya yang intinya aku ingin membantunya untuk cepat dapat istri. Tapi ia hanya tersenyum saja ketika kuperlakukan seperti itu…..

 

Sewaktu kami berdua pergi ke Solo dalam sebuah study di RPH. Malam harinya kami menginap disebuah Hotel ….ia banyak bercerita, kenapa ia belum juga menikah….salah satu alasanya ia harus membiayai seluruh kebutuhan dari 2 keponakanya sejak 10 tahun yang lalu. Ia mempunyai seorang adik yang suaminya meninggal karena sebuah kecelakaan dan meninggalkan 2 orang anak yaitu keponakannya tersebut….aku terus saja mendengarkan saat ia mencurahkan segala isi hatinya….

 

“tapi mas, suatu saat aku akan menikah. Paling tidak setelah study S2 ini selesai” ungkapnya lirih….aku hanya mengangguk dan mendoakanya dalam hati.

 

Ia melanjutkan ceritanya “seandainya dulu pernikahan kami disetujui oleh orang tua dari calon istri saya, mungkin saya sekarang sudah memiliki anak seusia SMP”. Dulu ia memang memiliki seorang calon istri asal Mojokerto. Dan ketika ia gagal menikah, musibah itu datang….. ma’afkan aku sobat, selama ini aku banyak mendzolimimu ….

 

Sejak saat itu aku tak lagi menggodanya…..tapi lebih membantunya pada hal yang konstruktif…

 

-***-

 

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda…ada yang menunda menikah dengan berbagai alasan. Dari alasan belum bekerja secara mapan, masih ingin menikmati masa muda, sampai alasan belum siap untuk menikah dan sebagainya.

 

Toh hukum asal menikah adalah mubah…memang ia dapat mejadi wajib dan bahkan haram tergantung ondisi dan niat pelakunya. Jika memang kita sudah mempunyai pekerjaan dan cukup siap maka hukumnya jadi wajib. Akan tetapi jika niat kita menikah karena hal yang buruk dan dilarang agama tentu saja ia jadi haram…

 

Termasuk diriku, entah kenapa akhir-akhir ini aku cukup malas bicara tentang wanita, kapan menikah, dan hal lain yang menyangkut kaum hawa. Target menikah tahun depan pun kemungkinan akan aku undur, setidaknya untuk beberapa tahun kedepan dengan berbagai alasan. Tapi aku sendiri masih bimbang….. Ya Allah, berilah pertolongan dan petunjuk-MU….agar diri ini tak tersesat.

 

Tapi menggenapkan setengah agama (menikah, red) memang lebih baik, daripada menundanya terlalu lama, kecuali jika memang ada alasan lain yang memang dibenarkan…..

Iklan

21 Januari 2008 - Posted by | Kisah Inspirasiku

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: