Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Selamat Tahun Baru 1429 H, dan Ramadhan 1429 H

Sore ini gerimis, dipenghujung tahun 1428 H. Aku lebih memilih dirumah hingga dini hari. Tak terasa tahun-tahun yang telah lewat itu, tak kumanfaatkan secara maksimal untuk berbakti pada-MU. Malu rasanya diri ini, banyak nikmat yang Engkau berikan…..tapi hamba-Mu yang satu ini, tak tahu rasa berterima kasih. Rasa syukur yang sering kuucapkan, hanya sebatas lisan, tak sampai kehati. Apalagi Ibadahku, seperti ala kadarnya, tak ada peningkatan.

Terdengar olehku azan maghrib berkumandang, Alhamdulillah…..Sebulan yang lalu aku berazam untuk memperbaiki diri dengan momentum tahun baru hijriah ini. Setidaknya aku ingin meneladani Rasulullah dan para sahabat hijrah keMadinah, ya hijrah menuju cahaya diatas cahaya. Tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin, agar kita tidak menjadi orang-orang yang merugi….

Segera aku melangkahkan kakiku kearah seruan itu. Kulihat diruang depan ada adek-adek tingkatku sedang menonton kotak segi empat bernama televisi. Mereka kuajak serta untuk shalat berjama’ah dimasjid yang tak jauh dari rumah, tempatku bernaung selama study S2 ini.

Sore itu masjid ramai, tak seperti biasanya. Mungkin banyak juga yang ingin hijrah sepertiku…Amien.

Setelah shalat maghrib yang khusyuk, sebentarku berdzikir dan berdo’a untuk keselamatan kaum muslimin (seperti do’a ketika aku mendapat amanah khotbah jum’at dikampus) lalu dilanjutkan dengan do’a rabithah…..hmmm tenangnya hati ini, lalu kulanjutkan dengan shalat sunah rawatib…luar biasa senja ini, benar-benar kunikmati ibadahku…

Keluar dari halaman masjid, sambil berjalan pulang kulihat langit yang berawan dan disebelah sisinya tampak pantulan sinar matahari yang memerah keemasan.

Temaram senja itu membuatku ingin menikmati kesendirianku dengan Al-Qur,an. Entah mengapa aku ingin membaca surat At-Tawbah barang beberapa halaman. Kitab suci itu kuambil, tampak sudah lusuh. Maklum Al-Qur’an kecil itu senantiasa menemaniku kemana saja baik ketika dikampus, rihlah, mabit, liqo’at, mukhoyam, penyuluhan, mendaki gunung, sampe mudik ke Bengkulu pun tak mau ketinggalan. Pokoknya hampir disetiap aktivitas dia selalu setia menemaniku…. 

Sambil membaca Kitab mulia itu, tak terasa mataku berkaca-kaca….Setelah usai membaca beberapa lembar, lalu kutadaburi ayat demi ayat perlahan. Sampai aku menemukan ayat ke 20….. ini dia yang menggerakan hatiku untuk membaca surah At-Taubah. Walaupun ayat ini tak asing lagi bagiku, tapi kali ini efeknya beda. Aku merasa Allah-lah yang telah mentarbiyahku hingga menggerakan hati ini untuk membaca surat At-Tawbah….ku merenung sejenak mencoba berfikir lebih dalam….subhanallah…..

 

Orang-orang yang beriman dan berhijrah, serta berjihad dijalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya  disisi Allah; dan Itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (Q.S: At- Tawbah: 20).

 

            Ada tiga kata kunci untuk mendapat kemenangan dari Allah SWT, yaitu; beriman, berhijrah dan berjihad (berjuang dengan harta dan sepenuh jiwa). Jika ingin sukses dunia-akhirat, tiga kata itu tak boleh hilang dari kamus kehidupan kita. “Allahuma arinal haqo-haqo warzukna tiba’ah, wa arinal batila-batila warzukna tinabah.” Jaga keistiqomahan hati ini ya Allah…..amien.

            Usai mentadaburi beberapa ayat disurah At-Tawbah. Kumencoba muraja’ah hafalan Q.S Ar-Rahman, dibantu MP3 dari laptop dimeja kamarku. Lagi-lagi aku merasa ditegur oleh Allah lewat beberapa ayat yang terus diulang didalam surat ini. ”fabiayyi alaa-i robbikumaa tukaddzibaan”-maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? .

            Istighfar….yuari, jeritku dalam hati “fabiayyi alaa-i robbikumaa tukaddzibaan”-maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Allahu Akbar….azan isya berkumandang……

            Semoga tahun baru 1429 Hijriah ini dan tahun-tahun berikutnya mampu meningkatkan amal ibadah kita, sebagai bentuk rasa syukur kita atas segala karunia-Nya. Semoga kita mampu meneladani kisah Hijrah Rasulullah SAW dan para sahabat ke Madinah, menuju cahaya diatas cahaya…..Amien…

  Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429 H

yuari84@gmail.com

Jogja, Penghujung tahun 1428 H

10 Januari 2008 - Posted by | Kisah Inspirasiku

1 Komentar »

  1. Aslmkm wr wb
    Mohon dikirim mp3 doa rabithahnya ya Mas ke alamat email saya buat dijadiin ringtone.
    Jazakillah khair

    Komentar oleh isnani adnan | 22 Agustus 2008


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: