Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Perkembangan dan Sejarah Biogas

Instalasi Biogas

Beberapa tahun terakhir istilah biogas menjadi sangat populer, seolah-olah energi alternatif ini baru ditemukan. Di dunia  peternakan, istilah biogas sudah populer berpuluh-puluh tahun yang lalu. Untuk mengetahui lebih detail tentang biogas, tulisan dibawah ini akan membahasnya.

Apa itu Biogas? Biogas adalah gas produk akhir pecernaan atau degradasi anaerobik bahanbahan organik oleh bakteri-bakteri anaerobik dalam lingkungan bebas oksigen atau udara. Komponen terbesar biogas adalah Methana (CH4, 54-80%-vol) dan karbondioksida (CO2, 20-45%-vol) serta sejumlah kecil H2, N2 dan H2S. Biogas dapat digunakan dalam berbagai  keperluan seperti memasak, penerangan, pompa air, boiler dan sebagainya.

Sejarah Penemuan Biogas

Sejarah penemuan proses anaerobik digestion untuk menghasilkan biogas tersebar  dibenua Eropa. Penemuan ilmuan Alessandro Volta terhadap gas yang dikeluarkan dirawa-rawa terjadi pada tahun 1770, beberapa decade kemudian Avogadro mengidentifikasikan tentang gas Methana. Setelah tahun 1875 dipastikan bahwa biogas merupakan produk dari proses anaerobik digestion.

Tahun 1884 Pateour melakukan penelitian tantang  biogas menggunakan kotoran hewan. Era penelitian Pasteour menjadi landasan untuk  penelitian biogas hingga saat ini. Pada akhir abad ke-19 ada beberapa riset dalam bidang ini dilakukan. Di Jerman dan Perancis melakukan riset pada masa antara dua perang dunia dan beberapa unit pembangkit biogas dengan memanfaatkan limbah pertanian.

Selama perang dunia II banyak petani di Inggris dan benua Eropa yang membuat digester kecil untuk menghasilkan biogas yang digunakan untuk  menggerakkan traktor. Karena harga BBM  semakin murah dan mudah memperolehnya pada tahun 1950-an pemakaian biogas di Eropa ditinggalkan. Namun, di Negara-negara berkembang kebutuhan akan sumber energi yang murah dan selalu tersedia ada. Kegiatan produksi biogas di India telah dilakukan semenjak abad ke-19. Alat pencerna anaerobik pertama dibangun pada tahun 1900 (Burhani Rahman,http://www.energi.lipi.gi.id).

Biogas atau metana dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti halnya gas alam. Tujuan utama pembuatan biogas adalah untuk mengisi kekurangan atau mensubtitusi sumber energi pada seluruh pengusaha tahu sebagai bahan bakar pengganti kayu bakar.

Biogas mengandung berbagai macam zat, baik yang terbakar maupun zat yang tidak dapat dibakar. Zat yang tidak dapat dibakar merupakan kendala yang dapat mengurangi mutu pembakaran gas tersebut. Wwalaupun kandungan kalornya relatif rendah dibandingkan dengan gas alam, butana dan propana, tetapi masih lebih tinggi dari gas batu bara. Selain itu biogas ramah lingkungan, karena sumber bahannya memiliki rantai karbon yang lebih pendek bila dibandingkan dengan minyak tanah, sehingga gas CO yang dihasilkan relatif kecil.

About these ads

10 Maret 2011 - Posted by | A-Pertanian-Peternakan, Berita Media, Uncategorized

3 Komentar »

  1. mau tanya: kira-kira berapa harganya untuk 1 unti alat biogas????

    Komentar oleh uti | 25 Juni 2011

  2. dimana bisa saya dapatkan???? yang agak murah??? namun berkualitas dan fungsinya tahan lama??? makai infonya pak yuari..

    Komentar oleh uti | 25 Juni 2011

  3. kalo buat sendiri paling habis 8 jutaan….

    Komentar oleh yuari | 27 Juni 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: