Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Model Pengembangan Kemitraan Agribisnis Sapi Potong

Model pengembangan yang dapat menjadi alternatif adalah kemitraan inti-plasma. Dengan membentuk wadah berupa organisasi/kelembagaan/koperasi sebagai inti dan anggota kelompok ternak sebagai plasma. Inti memiliki peran utama dalam pendampingan kelompok ternak berupa bimbingan teknis dan pembinaan manajemen, selain itu memfasilitasi akses permodalan, pasar baru, sapronak, dan teknologi. Anggota kelompok berperan sebagai plasma  yang memiliki kewajiban budidaya(on farm), dan menjual hasil produksi kepada inti. Pemilihan Plasma dilakukan melalui mekanisme seleksi sehingga plasma merupakan anggota kelompok ternak yang memiliki kualifikasi, dan telah memenuhi persyaratan tertentu.

            Kemitraan usaha agribisnis ini merupakan hubungan bisnis antara inti dan plasma dimana masing-masing pihak memperoleh penghasilan dari usaha bisnis yang saling terkait dengan tujuan untuk mencai keuntungan bersama dengan dilandasi rasa saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Model pengembangan usaha meliputi dua jenis usaha yaitu, usaha pembibitan dan usaha penggemukkan sapi potong. Model ini sangat mendukung program pemerintah yaitu pembibitan ternak di pedesaan atau VBC (Village Breeding Centre)untuk mewujudkan peternakan yang tangguh serta mewujudkan kecukupan daging tahun 2010.

Dalam lingkup peternak usaha pembibitan dimaksudkan untuk memperbanyak jumlah populasi sapi dan penjualan bibit sapi, sedangkan usaha penggemukan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi peternak. Penggabungan dua model usaha ini untuk mengantisipasi penjualan sapi induk hanya untuk menutupi kebutuhan hidup peternak, sehingga pertambahan populasi ditingkat peternak tidak berkurang.

Dalam pelaksanaanya sangat dibutuhkan kerjasama yang sinergis diantara stakeholder peternakan yaitu pemerintah, perguruan tinggi, swasta dan lembaga keuangan. Pemerintah dewasa ini lebih berperan sebagai steering dari pada rowing. Artinya, masyarakat dan pihak swastalah yang menjadi motor penggerak pengembangan peternakan, sedangkan pemerintah hanya menyiapkan kondisi dan lingkungan yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya kegiatan agribisnis peternakan. Pemerintah berperan dalam membantu mendukung penyediaan permodalan dengan menyediakan fasilitas permodalan yang layak. Inti sebagai pendamping menyediakan rancangan kerja agribisnis mencakup manajemen, aturan kerjasama, teknologi yang digunakan yang ditetapkan melalui musyawarah mufakat. Dengan penerapan model ini akan mengarahkan pada kemandirian petani dalam mewujudkan usaha tani berwawasan agribisnis.

 

PENGEMBANGAN  INTI

            Inti merupakan lembaga yang diharapkan dapat mendampingi petani dengan memberikan pelayanan aspek teknis dan non teknis dari hulu hingga hilir sehingga tercipta usaha yang produktif dan efisien. Dalam rangka pendampingan petani pengembangan inti diarahkan pada kegiatan diantaranya:

1.      Manajer pelayanan Inseminasi Buatan (IB) dan kesehatan ternak.

2.      Penyediaan obat-obatan dan pakan ternak.

3.      Pelayanan penelitian dan jasa pelatihan.

4.      Akses pasar dan pengelolaan permodalan.

Karena inti merupakan penanggung jawab program sehingga diperlukan beberapa fasilitas penunjang yaitu:

1.      Sekertariat

2.      Kandang percontohan   

3.      Pakan ternak dan obat-obatan.

4.      Induk sapi potong.

5.      Sapi jantan untuk penggemukkan.

6.      Timbangan ternak

7.      Bahan dan perlengkapan Inseminasi Buatan (IB).

Konsep secara detail tentu tidak saya kemukakan disini…rahasia perusahaan…

About these ads

29 Mei 2008 - Posted by | A-Pertanian-Peternakan

21 Komentar »

  1. wah makin maju aja nih pak “sarjana masuk Ndeso”
    salut deh sm perjuangan ente

    sekedar wacana yg seliweran aja akh..
    belajar dari HRC dan AKPPI di bidang perumahan.
    sy pny ide nih ye, knp ya di dunia peternakan tu jarang sekali atau bahkan ga punya sebuah lembaga yg konsen di dalam pemberdayaan masyarakat, kalau di peternakan = thd peternak2 tradisional.
    padahal sebagian besar ternak yg di produklsi indonesia adalah berasal dr peternak/ masyarakat berpenghasilan rendah (MBR, mengambil istilah di HRC)

    belajar dr t4 sy bekerja, ternyata beberapa lembaga spt HRC, AKPPI, YPR (jogja) berhasil menjadi fasilitator mengembangkan MBR dengan berbasis komunitas untuk mengajukan sebuah kegiatan atau proposal yg kegiatannya direncanakan, dijalankan dan diawasi oleh masyarakat. Nah peran lembaga fasilitator tsb sbg penyadar masyarakat akan pentingnya komunitas (kalo di perumahan ada KSM, kelompok swadaya masyarakat), konsultan dan penghudung terhadap sumber2 daya yg diperlukan oleh komunitas/KSM.

    di peternakan sebenarnya sudah berpuluh-puluh tahun ada yg namanya kelompok tani/ternak. hanya sayangnya karena kekurangan RESOURCE/ sumberdaya untuk menghidupkan kelompknya, di bebrapa tempat kelompok ternak tsb tidak berkembang.

    nah tugas lembaga/fasilitattor sebenarnya bisa sebagai penjembatan antara peternak kecil yg MBR itu dengan sumber2 daya peternakan khususnya modal. selain itu dia jg bisa sebagai konsultan utk perusahaan yg berurusan dengan peternak kecil, jg sbg ……
    penarik dana2 CSR setiap perusahaan yg pny konsen trhdp rakyal kecil tertama bidang peternakan. heh he yg ini bs jadi income jg sebenernya… :)

    wah kalo maslah ini sebenernya sy pgn banget ngobrol sm bu Tin-tin, pak gatot dan pak ali di fapet, mereka jagonya tuh maslah KSM peternakan dan sumberdaya2 peternakan. apalagi sebenarnya mereka jg bs sbg penghubung stakeholders yg lain.

    berhubung karna kesibukan sy di HRC, mngkn ini cm luapan ide yg ‘seliweran’ di otak sy. untuk kedepannya sy gak tau kayak gmn. kalo ente pny tanggapan silahkan di japri aja akh.

    maju terus peternakan

    salam sukses:
    wassalamu’alaykum

    Komentar oleh sigiterk | 1 November 2008

  2. Gokil banget

    Komentar oleh Meiliza zabrina setiawati | 11 Desember 2008

  3. kita perjuangkan peternakan indonesia
    semnagt terus

    Komentar oleh takhesi | 6 Januari 2009

  4. oke -oke :)

    Komentar oleh yuari | 6 Januari 2009

  5. mas dimanakah bisa memperoleh pedet atau anak sapi potong? kira berapa harga perekor? mhn info menarik juga untuk persiapan pensiun.

    Komentar oleh delly iriansyah | 27 Januari 2009

  6. dipasar ternak masing2 daerah banyak pak…kalau dijogja..sapi po/putih 3-5 bln harganya sekitar 3-5 Juta..tapi kalau simental 4-6 juta..dibeberapa daerah agak berbeda tapi tidak begitu jauh berbeda harganya….
    ==kebetulan saya juga sedang mengembangkan kemitraan sapi potong di jogja…profil saya ada di halaman profil pada pojok kiri atas

    Komentar oleh yuari | 27 Januari 2009

  7. Tnya dong…calon induk or indukan sapi semental atau limosin brp? saya mau kembangkan di daerah Banyuwangi….Rencana kalau cocok mau beli 10 ekor.
    FYI..TGL 20 saya ke jogjakarta coba cari pasaran.

    Muhammad Zazim
    081350828835

    Komentar oleh muhammad zazim | 13 Februari 2009

  8. kemaren saya beli sapi dara siap kawin 9~10jt tergantung kualitasnya

    Komentar oleh yy | 15 Februari 2009

  9. infonya b’guna bgt bwt saya. sy tertarik sekali mengmbangkan kelompok tani ternak di drh saya. so, saya bth bgt info2 mengenai usaha pembibitan sapi potong atau mengenai model kemitraan yang sgt ideal bagi kelompok pemula… kira2 bpk bisa bantu apa tdk ya? kalo misale berkenan, mohon dikirim ke eMail saya. matursuwun…
    Salam sukses DUNIA PETERNAKAN ENDONESA!!!

    Komentar oleh shana | 17 Februari 2009

  10. salam kenal dari boyolali mas yuari

    Komentar oleh makarti budi | 25 Februari 2009

  11. kami mau ikut bergabung dan ikut bekerja sama dngan azaz saling menjaga kepercayayan demi ke langsungan saling menguntungkan. di daerah kami sangat banyak sekali bahan makanan ternak yang di buang sia sia. kalau boleh kami siap menampung atau siap memelihara sapi penggemukan berapa saja. dan kami sangat mau sekali di bantu untuk pengembangan program ini.dan kalau ingin sekali ikut dngan program ini bagaimana caranya.jika di perkenankan ikut program ini no hp.081933190809′ atau sugeng_@0041yahoo.co.id.sebelumnya dan sesudahnya kami mohon maaf. dan terimakasih

    Komentar oleh sugeng | 10 Oktober 2009

  12. Yth. Bapak bapak para pakar persapiaj .Saya tahun depan akan memulai usaha penggemukan sapi potong di daerah sleman jogyakarta, bagaimanakah cara memulainya, mohon arahan dan petunjukknya, lahan seluas 2000m2 sudah saya siapkan. terimakasih

    Komentar oleh Anton Praptono | 10 Januari 2010

  13. assww..mohon maaf mas yuari…. saya minta no hp dan alamat rumah….. saya ingin sekali ikut kemitraan sapi… kandang dan rumput sudah siap…. saya ingin komunikasi lebih jauh… trimakasih alamat saya banjarnegara Hp.085291176312

    Komentar oleh yanu | 11 Maret 2010

  14. Ya. kalo hanya teori gampang saja. Itu sih banyak teori sperti itu

    Komentar oleh mohammad mahahfud | 1 Mei 2010

  15. ya kalo hanya teori gampang saja, itu sih sudah banyak

    Komentar oleh mohammad mahahfud | 1 Mei 2010

  16. pak yuari saya ingin belajar banyak dari bapak tentang peternakan sapi bagaimana caranya, saya sekarang masih bekerja di daerah cirebon jawa barat di kantor kemitraan ayam. sebenernya saya asli dari gunung kidul. kalo ingin ikut adi plasma mitranya pak yuari carane gimana?. terima kasih

    Komentar oleh budi prasetyo | 23 Februari 2011

  17. Kl sy mau ikutan jd investor gimana pak caranya? Kl bisa, sy mau investasi utk tmpt yg tdk jauh dari Jkt Timur spy bisa sy kunjungi se=waktu2. Brp modal minimal yg hrs di setor dan brp keuntungan yg bisa sy peroleh?. Mksh atas perhatiannya.

    Komentar oleh Bu Bram | 24 April 2011

  18. ada yg tau klo penggemukan butuh brp bulan/tahun dan kalo pelihara dari umur 3-4buln butuh brp lama untuk siap dijual/dipotong.
    trimaksih
    dwiyansemarang@gmail.com

    Komentar oleh dwiyanto | 11 Juli 2011

  19. butuh penjelasan lbh jauh
    sy mw bibit utk penggemukan
    alsmat sy d subang jabar

    Komentar oleh nana sujana | 23 Maret 2013

  20. Saya jg tertarik pak, kpn2 saya hubungi bpk.

    Komentar oleh bung maralewa | 10 April 2013

  21. KAMI MENJUAL ANAKAN / PEDET SAPI LOKAL, SAPI SIAP POTONG, DAGING SAPI, AYAM DAN BEBEK. KAMI SIAPKAN KEBUTUHAN ANDA, HUB : 0813.1616-4643 ( H. ROBI. S)

    Komentar oleh H. ROBI. S | 3 Agustus 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: