Yuari_Official Website

Ayo kawan, berbagi untuk negeri… ^_^

Bangsa-Bangsa Sapi Potong di Provinsi Jawa Timur

copy-of-sapi-limousin.jpgPropinsi Jawa Timur merupakan salah satu wilayah dengan populasi sapi po-tong terbesar di Indonesia. Populasi sapi potong Indonesia pada tahun 2002 sebesar 10,436 juta ekor, ternyata sebanyak 28,90 % berada di Jawa Timur ; komposisi populasinya : 46,40 % sapi lokal (terdiri 33,50 % PO ; 63,50 % Madura ; 3,00 % Bali (Anonimus, 2003c)) dan 53,60 % sapi yang tidak teridentifikasi turunannya (undeter-mined breed).

Bangsa adalah tingkatan pengelompokan hewan dalam sistematika atau taxonomi, dimana hewan tersebut telah mempunyai ciri khas tertentu yang diwariskan seutuhnya ke keturunannya (Hardjosubroto dan Astuti, 1994). Sapi PO adalah bangsa sapi hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina lo-kal di Jawa yang berwarna putih (Anonimus, 2003b). Saat ini sapi PO yang murni mu lai sulit ditemukan, karena telah banyak di silangkan dengan sapi Brahman, sehingga sapi POdiartikan sebagai sapi lokal berwarna putih (keabu-abuan), berkelasa dan gelambir. Sapi PO terkenal sebagai sapi pedaging dan sapi pekerja, mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap perbedaan kondisi lingkungan, memiliki tena ga yang kuat dan aktivitas reproduksi induknya cepat kembali normal setelah ber-anak, jantannya memiliki kualitas semen yang baik (Affandhy dkk., 2002).

Sapi Madura adalah bangsa sapi potong lokal asli Indonesia yang terbentuk dari persilangan antara banteng dengan Bos indicus atau sapi Zebu (Hardjosubroto dan Astuti, 1994), yang secara genetik memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan caplak (Anonimus, 1987). Karak-teristik sapi Madura sudah sangat seragam, yaitu bentuk tubuhnya kecil, kaki pendek dan kuat, bulu berwarna merah bata agak kekuningan tetapi bagian perut dan paha sebelah dalam berwarna putih dengan peralihan yang kurang jelas ; bertanduk khas dan jantannya bergumba (Hardjosubroto, 1994).

Sapi Bali, menurut Hardjosubroto dan Astuti (1994) adalah bangsa sapi po-tong lokal asli Indonesia yang terbentuk dari banteng (Bibos banteng) yang telah dijinakkan berabad-abad yang lalu. Sapi Bali mempunyai angka reproduksi yang ting gi, tingkat adaptasi yang sangat baik terhadap kondisi pakan yang jelek dan lingkungan yang panas serta mempunyai % karkas dan kualitas daging bagus (Anonimus, 1985). Kelemahan sapi Bali adalah rentan terhadap penyakit jembrana dan MCF serta tingkat kematian pedet pra sapih yang mencapai 15 sampai 20 % (Anonimus, 1987). Warna bulu merah bata, pada jantan akan menjadi hitam saat dewasa ; ada warna pu-tih dengan batas yang jelas pada bagian belakang paha, pinggiran bibir atas, kaki ba wah mulai tarsus dan carpus ; mempunyai gumba yang bentuknya khas serta terdapat garis hitam yang jelas pada bagian atas punggung (Hardjosubroto, 1994).

Sapi silangan yang paling diminati peternak di Jatim adalah sapi SIMPO dan LIMPO. Hal ini tampak pada realisasi distribusi straw sapi Simmental dan Limousin tahun 2002 mencapai 556.945 dosis atau sebesar 89,42 % dari total distribusi straw tujuh bangsa sapi yang ada (Anonimus, 2003c). Sapi SIMPO dan LIMPO di Jawa Timur mempunyai performan pertumbuhan prasapih dan pasca yearling yang lebih bagus dibanding sapi PO ; sebagai induk mampu mencapai umur pubertas lebih awal, tetapi efisiensi reproduksinya lebih rendah dibanding PO; sebagai pejantan, mempunyai kualitas semen lebih rendah dibanding sapi PO (Affandhy dkk., 2002).

Sapi SIMPO tidak bergumba dan tidak bergelambir ; warna bulu merah bata, merah tua atau coklat muda, putih kekuningan dan doreng (loreng hitam, putih, me-rah bata dan coklat). Ciri khas sapi SIMPO adalah ada warna bulu putih berbentuk segitiga diantara kedua tanduknya.

Sapi LIMPO tidak berpunuk dan tidak bergelambir ; warna bulunya hanya coklat tua atau kehitaman dan coklat muda. Rata-rata karak teristik morfologi kuantitatif sapi SIMPO dan LIMPO yang dipelihara peternak rak-yat di Jateng, DIY dan Jatim, tercantum dalam Tabel 1.Sapi Ongole berasal dari India, termasuk bangsa Bos indicus, tipe sapi kerja dan pedaging (Siregar dkk., 2003), disebarkan di Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO) melalui grading up dengan induk sapi jawa dihasilkan sapi Peranakan Ongole (Hardjosubroto dan Astuti, 1994). Warna bulu sapi Ongole putih abu-abu de ngan warna hitam disekeliling mata, mempunyai gumba dan gelambir yang besar menggelantung, saat mencapai umur dewasa yang jantan mempunyai berat badan kurang dari 600 kg dan yang betina 450 kg (Atmadilaga, 1983).

Sapi Simmental adalah bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999), berasal dari daerah Simme di negara Switzerland tetapi sekarang berkembang lebih cepat di benua Eropa dan Amerika, merupakan tipe sapi perah dan pedaging, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagian muka dan lutut kebawah serta ujung ekor ber warna putih, sapi jantan dewasanya mampu mencapai berat badan 1150 kg sedang betina dewasanya 800 kg (Anonimus, 2002b).

Sapi Limousin adalah bangsa Bos turus (Talib dan Siregar, 1999), dikembang-kan pertama di Perancis, merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari Simmental, warna bulu coklat tua kecuali disekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda (Anonimus, 2002b).

Secara genetik, sapi Simmental atau Limousin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur (Anonimus, 2002b) ; sedangkan sapi Ongole adalah tipe sedang yang berasal dari daerah beriklim panas, merupakan sapi tipe kecil sampai sedang sehingga dapat dikembangkan pada kondisi tatalaksana pemeliharaan yang ekstensif (Atmadilaga, 1983).

About these ads

10 Januari 2008 - Posted by | A-Pertanian-Peternakan

45 Komentar »

  1. saya mempunyai sapi turunan simmental, umur 15 bulan akan tetapi susah gemuknya, padahal makannya ga ada masalah dan sudah saya beri obat cacing.pertanyaannya apa yang harus saya lakukan supaya cepat gemuk?

    Komentar oleh ksu.mandiri | 26 November 2008

  2. pertama coba perhatikan kosentrat yang bapak berikan..benar2 berkualitas ato tidak?bisa jadi seekor ternak tidak bermasalah pada pemberian pakan, akan tetapi bermasalah dari kandungan nutrien pakannya…

    Komentar oleh yuari | 28 November 2008

  3. Pak saya kesulitan mencari bibit/ anakan simmental di daerah jawa timur, mungkin ada info dimana bisa mendapatkannya? trims b4

    Komentar oleh Dodi | 12 Januari 2009

  4. coba ke daerah jogja…

    Komentar oleh yy | 13 Januari 2009

  5. info ttg sapi madura yg lebih detil ada nggak? trims

    Komentar oleh Mas Joko | 30 Januari 2009

  6. kebetulan ndak ada

    Komentar oleh yuari | 30 Januari 2009

  7. Kalo cari bibit sapi di Jogja daerah mana yang murah ya? Tolong kirim ke email saya juga. Makasih

    Komentar oleh wahyu | 31 Januari 2009

  8. Pak salam kenal….saya rencana mo ternak sapi utk penggemukan,tapi masih bingung mau cari bangsa apa…? Sekedar info,saya tinggal di sukapura-probolinggo sekitar 600-700 dpal. Mohon infonya dan terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh arekprobolinggo | 5 Februari 2009

  9. saya butuh induk simental atau limusin atau brangus siapa yang mau bantu dimana dan berapa

    Komentar oleh usman akikii | 5 Februari 2009

  10. di tempat kami ada pak .saat ini kami melakukan usaha penggemukan sapi potong dng populasi 150 ekor. jenis peranakan simental/limousin. kenaika berat per hari/ adg.1.4 sd 1.8 kg. dng pakan bre pk 8-12 %

    Komentar oleh ilham akhmadi | 9 Februari 2009

  11. kalo mau cari sapi bakalan penggemukan BB 250 sd 600 kg/sapi calon indukan silahkan hubungi kami

    Komentar oleh ilham akhmadi | 9 Februari 2009

  12. pak kalau mau cari bibit sapi simental, dimana ?

    Komentar oleh ahsan | 18 Februari 2009

  13. pak istanto kalo bisa jelaskan surat perjanjian atao sarat2 investasi tentang sapi itu, biar bisa di mengerti oleh semua peminat investor,aku juga salah1 peminatnya lo pak intanto,,,,,, cara pembagian hasih,resiko,dan jangkawaktu sebelumnya terimakasih.

    Komentar oleh suprus | 19 Maret 2009

  14. aku punya produk pakan sapi probiotik mau ga?
    hrga mulai Rp.1300 mpe Rp.2800 per kilo locco pabrik
    >manager<

    Komentar oleh adhi | 10 April 2009

  15. ada yang tau dak ya caranya memproses kotoran serta air kencing sapi bisa menjadi pupuk yang bagus..?
    ada info bilang air kencing sapi bisa di proses menjadi pupuk padi jagung yang baik.

    Komentar oleh imron wahyudi | 11 April 2009

  16. 081347858910
    E mail imronyudi@yahoo.co.id

    Komentar oleh imron wahyudi | 11 April 2009

  17. saya berniat memelihara sapi untuk peranakan, saya tinggal di madiun 300 mdpl, jenis sapi apa yang cocok? tolong yang punya info mengenai harga email ke saya Email : nuur_wakhid@yahoo.com

    Komentar oleh nurwakid | 25 April 2009

  18. saya mau memulai ternak sapi brahman, tolong infonya saya ingin berhasil seperti anda semua

    Komentar oleh jairi irawan | 26 April 2009

  19. apa yang harus aku lakukan pertama kali, aku pingin usaha penggemukan sapi

    Komentar oleh G. PURWANTO | 27 April 2009

  20. dimana mendapatkan sapi dan harganya ya…

    Komentar oleh cah magetan | 5 Mei 2009

  21. saya tinggal di daerah malang. kira2 jenis sapi apa yang cocok? apa saja yang perlu diperhatikan jika hendak memulai uasaha penggemukan sapi?

    Komentar oleh hartono | 4 Juni 2009

  22. hubungi saya saja via telp….lihat profil saya

    Komentar oleh yuari | 12 Juni 2009

  23. saya butuh sapi simmental atau turunan umur sktr 2 th, 10 ekor tapi belinya timbang badan hidup..
    kira-kira ada yang punya info gak ya?
    harga per kilo skg berapa?

    Komentar oleh ardian | 17 Juni 2009

  24. salam kenal semua…… saya tertarik budidaya & pengemukan sapi jenis simmental ato limusine, tapi saya tidak memiliki pengetahuan yang mendasar tentang peternakan yang saya lakukan hanya sekedar melakukan kesenangan/hobi disamping bercocok tanam dan berkebun, untuk itu jika berkenan mohon bantuan bimbingan dan informasi mengenai berternak sapi mulai penataan infrastruktur peternakan termasuk pengelolaan/persiapan padang rumput, pencarian bibit/bakalan sapi, tata cara pemeliharaan, pengemukan dan penjualan hasil ternak. rencana peternakan ini akan dilakukan di kebun saya didaerah langkap jaya, lengkong, sukabumi. terima kasih sebelum atas bantuannya.

    tejo
    0878864362794
    tejodfarmer@gmail.com

    Komentar oleh tejo | 12 Agustus 2009

  25. kunjungi http://www.ternakonline.wordpress.com

    Komentar oleh yuari | 19 Agustus 2009

  26. pak mau tanya kalau di jawa timur untuk induk sapi simental atau limousin yang bagus ada di daerah mana ya pak?jazakallah khoir.

    Komentar oleh yuliono | 1 Oktober 2009

  27. mautanya saya punya sapi 3 ekor. berapa kg per hari memberi pakan konsentrat. berapa % pakan tambahan seperti rumput.

    Komentar oleh ramdan yuliadi | 22 Oktober 2009

  28. pak bagaimanakah prospek ternak sapi kedepan. ditempatku ponorogo saat ini harganya sedang turun

    Komentar oleh aji | 26 Oktober 2009

  29. kami peternak kerbau, 50 ekor, target anak 20/thn, lahan 100 ha di ketapang, kalbar

    Komentar oleh suyitno | 24 Desember 2009

  30. dimana bisa dapat informasi ternak2 ini bos?

    Komentar oleh erlangga | 29 Desember 2009

  31. mas tolong literatus tentang SimPO yang banyak

    Komentar oleh agus | 27 Januari 2010

  32. Aku mau tanya, apakah sapi jenis limousin dan simental bs hdup di cu2a yg panas?

    Komentar oleh Rio | 6 Maret 2010

  33. nasib para petani,, sekarang harga sapi turun drastis… padahal harga daging naik… ada apa dunia saat ini… apa begini terus nasib para wong cilik… mau usaha… harga gak jangkau

    Komentar oleh mashudi | 29 Maret 2010

  34. sy butuh informasi lengkap tentang sapi potong, bibit, jenis, harga, makanan, harga jual, kandang, perawatan dll.
    tolong ya mas

    Komentar oleh joko | 23 April 2010

  35. Potensi sapi potong unutk di kembangkan, masih sangat luas, terima kasih atas informasinya

    Komentar oleh Hilman Firmansyah | 9 Mei 2010

  36. asw saya ter terik poten si sapi di jawa timur ,kalau aq udah balik mau nya sih jadi ber tenek saja

    Komentar oleh prof mujib | 10 Juni 2010

  37. saya mau nya ber tenak yg moderen tapi cara nya sih belum tau tolong bos saran nya ,oya aq mau nya bawa biji rumput ber sim america tolong saran nya aq tggu bos

    Komentar oleh prof mujib | 10 Juni 2010

  38. tolong info harga sapi lokal, dan sapi jenis simetal / limosine didaerah mojokerto… saya tinggal disana

    Komentar oleh candra | 23 Januari 2011

  39. BOMECTIN Pour On For Cattle adalah obat anti parasit yang sangat efektif untuk cacing (parasit internal ) dan caplak, kutu dan lalat (parasit external) dan dengan cara pemberian yang mudah hanya DITETESKAN DI PUNGGUNG DARI PANGKAL LEHER SAMPAI PANGKAL EKOR TERNAK SAPI, efektif untuk pencegahan dan pengobatan cacing saluran pencernaan, cacing hati, cacing paru, caplak, kutu , larva dan lalat. Menyembuhkan luka-luka koreng dan infeksi pada sapi.(http://bomectin.wordpress.com)

    Komentar oleh swdskom | 18 Februari 2011

  40. saya asli jogja,untuk saat ini harga sapi turun drastis.ini kesempatan buat orang yg pnya modal bnyak,krna di prkirakn hrga’y akan naik.buat tmn2 yg ingin bkerja sama saya siap bekerja sama.ini no hp sya 08562557974/081392442631.

    Komentar oleh tri setiawan | 9 Maret 2011

  41. Saya mau menciptakan lap pekerjaan informal melalui Ternak Sapi, Saya beli sapi kecil kemudian dibesarkan oleh petani sudah besar dijual selisih harga bagi dua (keuntungan), tapi masalahnya jaminan penjualan dg harga yang maksimal agak susah (kasihan petani). Apa ada yang bisa beri saran/solusi, tks

    Komentar oleh Dins Astina | 16 Mei 2011

  42. Saya mau jualan daging sapi di area Sidoarjp, bisa bantukah beritahu untuk awalnya harus kulakan di mana ? tolong berikan alamat serta nomor telponenya. selanjutnya tolong bantu alamat jagal sapi, bila nantinya perlu sembelih sendiri bagaimana prosedurnya ? thanks. respone kami tunggu.

    Komentar oleh priskilla | 9 September 2011

  43. Selamat utk smua pengusaha peternakan,sy Tarsisius meze,mahasiswa petrnakan undana kupang ingin tahu semua golongan sapi potong yang ada di jawa timur,sehingga begitu pesat pertumbuhanya.

    Komentar oleh Texas meze nuwa | 28 September 2011

  44. saya mau tanya ada yang punya info kami membutuhkkan stok sapi dengan bobo hidup minimal 650kg ke atas untuk daerah diy jateng dang jatim kalo yang ada info mhon informasinya silahkan hubungi kami..di no 081392937000 terimakasih….

    Komentar oleh suparno | 4 Desember 2011


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: